Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mind Maping Jaringan Komputer Pengertian dan Implementasinya

Mind Mapping Jaringan Komputer
Source : pixabay.com

Mind Mapping Jaringan Komputer – Membuat jaringan untuk rangkaian computer merupakan cara paling cepat mengoneksikan banyak perangkat, membuat sebuah jaringan dapat menata perangkat mana terhubung kemana, dengan jaringan yang tersesuaikan kamu dapat membagi bandwith internet untuk masing-masing perangkat, dan dapat mengirim data dengan lebih efisien.

Sebelum membuat jaringan kamu harus tau mengenai Mind Mapping Jaringan Komputer, dengan mengetahui konsep ini sebuah perangkat akan dapat ditentukan akan tersambung dengan IP Address berapa, dengan perangkat apa,dan dengan topologi seperti apa.

Jaringan komputer terbagi menjadi beberapa macam :

Jaringan menurut Jangkauan

Untuk mengetahui mind mapping sebuah jaringan computer, kamu dapat mengetahui dari alat apa yang digunakan dan seberapa jauh jarak yang akan di tempuh, Jaringan menurut jangkauan terbagi menjadi tiga

  • LAN

LAN merupakan singkatan dari Local Area Network yang berarti jaringan ini hanya meliputi perangkat yang ada pada satu ruangan atau satu gedung, seluruh perangkat yang terhubung dalam jaringan di susatu gedung tergabung dalam satu jaringan di sebut LAN.

Baik dengan kabel maupun WiFi jaringan jenis ini hanya menghubungkan perangkat dalam sekala yang relative kecil dan jarak yang tidak terlalu jauh, jaringan ini juga biasa digunakan untuk menghubungkan perangkat periperhal dengan unit computer, sehingga orang yang ada diruangan lain dapat mencetak dokumen langsung tanpa pindah tempat.

  •  MAN

Istilah MAN memang sering kali hanya ada dalam buku pelajaran TKJ, MAN sendiri merupakan singkatan dari Metropolitan Area Network, atau Jaringan yang meliputi area Perkotaan, jaringan ini dibuat biasanya untuk menghubungkan satu unit gedung dengan gedung lainnya agar dapat terkoneksi dengan baik.

Dalam implementasinya, topologi jaringan jenis ini biasanya menghubungkan antar kantor pemerintahan seperti kantor kelurahan dengan kecamatan dan lain sebagainya, jaringan ini biasa digunakan untuk berbagi file atau program yang berserver di suatu tempat dan dapat diakses dari tempat lainnya, jenis jaringan ini biasanya masih menggunakan kabel jaringan sekelas Fiber Optik.

  •  WAN

Wirelless Area Network atau disingkat WAN menjadi jenis jaringan paling mutakhir karena dapat menempuh jarak terjauh yang belum tentu bia dijangkau dengan kabel, jika dilihat dari segi anggaran WAN termasuk yang lebih murah biayanya, karena dapat diaplikasikan tanpa kabel, alat yang biasa digunakan biasanya meliputi antenna wireless, Radio Pemancar, repeater dan Listrik dengan tegangan yang tidak terlalu besar.

Jaingan Menurut Fungsi

  • Client Server

Salah satu tipe jaringan computer yang dilihat dari fungsinya adalah Client Server, dimana jaringan ini digunakan untuk membuat sebuah computer menjadi server yang melayani banyak computer lainnya, contoh sederhananya adalah pada saat ujian sekolah berbasis Komputer implementasi Clinet Server sangat dibutuhkan pada kasus ini, biasanya 1 server yang di setting bisa melayani banyak Client, contoh paling umum adalah Website, social media dan lainnya.

  • Peer To Peer

Untuk Jaringan dengan tipe ini biasanya digunakan untuk sering data, yang artinya kamu bisa mengakses data di computer lain yang masih dalam satu jaringan, begitupun sebaliknya orang lain dapat mengakses data dari komputermu. Singkatnya semua computer dalam jaringan tersebut dapat difungsikan sebagai client juga server yang bisa mengambil data dan mensupply data.

Berasarkan transmisi data

  • Jaringan Komputer terdistribusi (Distributed Network)

Diperlukan beberapa server untuk jaringan ini, Jaringan computer terdistribusi ini merupakan kumpulan computer yang dijadikan server untuk client dimasing-masing wilayah, namun data tersebut dapat juga diakses dari wilayah lain.

Contoh paling sederhana dikehidupan kita sehari-hari adalah facebook.com, Mereka menggunakan system jaringan ini, untuk wilayah Indonesia Facebook menggunakan domain dengan extensi (dot)co(dot)id begitupun dengan wilayah Negara lain, jika kamu mengakses facebook dari singapura kamu akan menemukan alamat facebook.sg namun jika kamu masuk dengan user sendiri kamu akan menemukan akun yang sama seperti saat kamu mengaksesnya di Indonesia.

  • Jaringan Komputer terpusat (Host Based Network)

Janis jaringan ini terdiri dari server dan client yang dimana salah satu Client menjadi perantara akses untuk membuka data di Client, system jaringan seperti ini biasa digunakan di perusahaan yang menggunakan banyak User, sehingga user hanya dapat mengakses data melalui computer perantara, hal ini dilakukan demi menjamin keamanan data pada server utama.

Jaringan menurut media transimisi

  • Tanpa menggunakan Kabel (Wireless/nirkabel)

Jaringan ini biasanya digunakan untuk lokasi yang cukup jauh dengan wireless kamu bisa menghubungkan computer di rumahmu dengan computer temanmu di kota lain, praktisnya jaringan ini kami tidak perlu mengatur jarak kabel dan mau lewat mana kabel tersebut.

Jaringan ini menggunakan media transimisi gelombang radio, dan frekuensi sebuah gelombang, contoh paling sederhana adalah infrared, bloethoot, WiFi, Satelit dan lain sebagainya.

  • Menggunakan kabel (Wired Network)

Jaringan dengan tipe ini biasanya digunakan untuk jaringan LAN dan MAN, karena jarak yang tida terlalu jauh dan dapat ditempuh dengan kabel optik.

Keunggulan jaringan ini adalah kesetabilan jaringan karena tidak terlau berpengaruh dengan penghalang sperti cuaca buruk atau intervensi frekuensi, contoh paling sering kita jumpai adalah penggunaan kabel pada jaringan warnet, jaringan computer sekolah untuk UNBK dan pemasangan Wifi dengan kebel optik seperti di Indihome.

Jaringan BerdasarkanTopologi

  • Topologi Ring

Topolgi ring merupakan jenis topologi paling murah karena biasanya hanya menggunakan LAN Card In dan Out untuk menghubungkan banyak computer, di sebut ring karena toplogi ini memiliki bentuk seperti cincin yang melingkar tanpa di potong dengan HUB. Sederhananya kamu hanya perlu mencolk kabel dari computer lain ke LAN Card In dan Mencolok kabel ke Switch LAN Card Out untuk membagi jaringan ke computer lain. Penitng untuk di ingat dalam topologi ring ini kamiu harus memilki 2 slot lan card untuk keluar dan masuk.

  • Topologi Bus

Jika bicara topologi Bus ini merupakan topologi paling sederhana, biasanya topologi ini dilakukan dengan instaslasi jaringan berbasis kabel coaxial dan ukuran panjang kabel di seuaikan dengan jarak node client dan konektor. Jenis konektor yang digunakan adalah konektor BNC, TBNC dan Terminator.

  • Topologi Star

Star atau bintang merupakan topologi yang saat ini paling banyak digunakan karena dianggap memilki lebih banyak keunggulan, salah satunya jika Client terputus koneksinya maka tidak akan berpengaruh pada Client atau server lainnya.

Topologi ini biasanya melibatkan Hub untuk membagi jaringan, sehingga semua computer yang terhubung tidak saling beringgungan secara langsung namun semua jaringan dikumpulkan dan dibagi melalui HUB.

  • Topologi Mesh

Keunggulan dari topologi mesh adalah transmisi data yang sangat cepat, karena topologi ini tidak menggunakan Hub atau Switch, ia juga menggunakan kabel tunggal untuk mengoneksikan antar computer, biasanya topologi ini digunakan untuk jaringan dengan rute yang cukup banyak.

  • Topologi Tree

Topologi tree atau topologi pohon adalah hasil penggabungan dari topologi bus dan topologi star. Umumnya, topologi tree digunakan untuk interkoneksi antara hirarki dengan pusat yang berbeda-beda.

  •  Topologi Peer to Peer

Topologi peer to peer adalah topologi jaringan yang sangat sederhana karena hanya menghubungkan 2 komputer. Umumnya topologi peer to peer menggunakan satu kabel saja untuk menghubungkan kedua komputer agar bisa saling berbagai data.

  • Topologi linier

Topologi Linier atau sering disebut dengan topologi bus berurut. Umumnya topologi ini hanya menggunakan satu kabel utama sebagai konektor masing-masing titik sambungan pada setiap komputer.

  • Topologi Hybrid

Topologi Hybrid adalah gabungan dari beberapa topologi yang berbeda dan membentuk jaringan baru. Dengan kata lain, jika ada dua atau lebih topologi yang berbeda terhubung dalam satu jaringan maka topologi jaringan tersebut akan membentuk topologi hybrid

Demikian Pengertian dan Implementasi Mind Maping Jaringan Komputer yang dapat komputeron jelaskan semoga menambah pengetahuan kamu, terimakasih sudah berkunjung.

Post a Comment for " Mind Maping Jaringan Komputer Pengertian dan Implementasinya"