Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Grounding PC Komputer Agar Tidak Nyetrum

Cara Grounding PC Komputer Agar Tidak Nyetrum

Cara grounding PC dengan alat seadanya adalah salah satu cara mengalihkan setrum yang ada pada casing computer PC dengan membuang alirannya ke benda didekatnya, PC yang terdapat listrik statis membuat perangkat terkesan tidak sehat dan berbahaya untuk anda, terlabih jika anda memiliki anak kecil yang sering bermain di dekat computer anda.

Penyebab PC nyetrum

Ada beberapa penyebab PC bisa mengeluarkan listrik statis, bisa dikarenakan factor internal PC atau external, salah satu contohnya adalah kebocoran pada PSU atau power supply, hal ini terjadi karena seringnya PC menerima aliran listrik yang tidak stabil dari sumber listrik, seperti seringnya mati lampu juga menjadi penyebab kebocoran pada PSU.

Selain Faktor internal ada juga factor external salah satunya adalah PC menerima listik yang tidak stabil dan cenderung lebih besar dari daya yang diperlukan olehnya, oleh karena itu pastikan aliran listrikmu baik untuk PC yang kamu pakai, hal buruk yang bisa saja terjadi ialah kerusakan pada perangkat.

Cara menghindari tersengat Listrik pada PC

  •        Gunakan alas kaki

Alas kaki atau sandal atau apapun yang menghalangi kulit menyentuh lantai secara langsung akan memutus aliram listrik dalam tubuh, sehingga listik tidak terlalu terasa saat kita memegang PC

  •     Tempelkan PC pada tembok

Cara ini merupakan cara lama yang dirasa cukup efektif dengan menempelkan PC pada tembok kamu dapat mengalihkan aliran listrik statis pada PC ke tembok, ini juga disebut Groundong tanpa kabel.

  •     Grounding PC

Cara Grounding PC sebenarnya cukup sederhana, konsepnya seperti yang sudah saya terangkan diatas, anda hanya mengalihkan aliran listrik ke tempat lain sehingga listrik tidak putus di Cassing, dan tidak menyengat pada kulit saat menyentuhnya.

Cara grounding PC Agar Tidak Nyetrum

1.      Siapkan kabel dengan isi tembaga, jangan yang isi serabut kurang lebih 1 meter

2.      Siapkan satu buah paku beton

3.      Lilitkan ujung satu kabel dengan paku

4.      Dan lilitkan ujung satu yang lainnya ke PC terserah anda ingin di mana menempelkannya, bisa pada baut casing, bisa juga pada casing yang berlubang, pastikan anda menempelkan pada casing yang mengalirkan strum bukan pada casing yang dari plastik

5.      Lalu tancapkan paku pada lantai, tembok atau tanah pilih saja salah satunya yang anda anggap mudah.

6.      Grounding selesai dibuat, silahkan nyalakan PC dan rasakan apakah grounding berjalan dengan baik atau tidak

Demikian Cara Grounding PC yang mengeluarkan listik statis, semoga dapat membantu anda yang sering tersengat aliran listrik dari PC.

Baca juga artikel lain dari komputeron.com dan dapatkan informasi terkini tentang dunia computer dan dunia online.