Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cek Calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) Buat Karyawan

 

Cara Cek Penerima BSU 2021

Bantuan Subsidi Upah Rp. 1 Juta atau BSU BPJS Ketenagakerjaan adalah salah salah satu jenis bantuan yang di gulirkan pemerintah untuk meringankan beban masyarakat di masa pandemi ini, jika anda seorang pekerja dan sudah ikut dan rutin iuran BPJS Ketenagakerjaan tidak ada salahnya mengecek apakah anda termasuk penerima program ini, berikut ini adalah cara cek bantuan BPJS ketenagakerjaan.

Cara Cek Penerima BSU 2021 Rp. 1 Juta

  • Silahkan buka Link bpjsketenagakerjaan.go.id ini adalah link resmi dari BPJS ketenagakerjaan.
  • Silahkan klik cek status calon penerima BSU.
  • Kamu akan diminta memasukan NIK, Nama dan Tanggal Lahir, isi dengan sesuai.
  • Lalu centang captcha "saya bukan robot" lalu klik lanjutkan.

Kamu akan diarahkan pada halaman status NIK dan nama kamu apakah sudah termasuk calon penerima atau tidak.

Untuk waktu pencairan kemnaker sudah memberi info di akun media sosial mereka bahwa akan dicairkan di Minggu ini, jika tidak ada kendal

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa pemerintah terus berupaya menopang masyarakat yang terdampak pandemi dengan berbagai Bantuan sosial diantaranya BSU BPJS ketenagakerjaan.

Mengutip Kompas.com, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenaker Anwar Sanusi mengatakan, pihaknya mengusahakan bantuan subsidi gaji bisa dicairkan secepatnya, paling tidak mulai pekan depan. 


“Insya Allah (pekan depan) kita harapkan segera kita bisa cairkan. Saat ini, kita sudah hampir final juknis dan juklaknya setelah mendapatkan masukkan dari berbagai pihak untuk menjaga tata kelola yang baik," ujar Anwar kepada Kompas.com, Sabtu (7/8/2021). 


Lalu apa kriteria penerima BSU BPJS Rp. 1 juta ini?

Menurut Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomer 16 Tahun 2021 mengungkapkan mengenai kriteria penerima BSU Kemnaker Rp. 1 juta berikut kriterianya :

  • Warga Negara Indonesia dengan e-KTP
  • Telah aktif menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan paling cepat sejak Juni 2021 dan aktif setoran
  • Pekerja/buruh dengan maksimal gaji 3,5 juta perbulan
  • Bekerja berada di wilayah PPKM level 3 dan 4 sesuai yang di tetapkan pemerintah pusat
  • Diutamakan bagi pekerja pada sektor usaha industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estate, perdagangan dan jasa, kecuali jasa pendidikan dan kesehatan, sesuai klasifikasi data sektoral BPJS Ketenagakerjaan. 

Untuk persyaratan minimal gaji 3,5 juta terdapat kriteria tambahan bagi pekerja yang bekerja diwilayah yang nilai UMRnya diatas angka tersebut akan di sesuaikan dengan UMR setempat.

Sebagai contoh, upah minimum Kabupaten Karawang sebesar Rp 4.798.312 dibulatkan menjadi Rp 4.800.000. Dengan demikian, persyaratan gaji maksimal pekerja di Kabupaten Karawang yang berhak menerima BSU adalah Rp 4,8 juta. 

Untuk penyaluran BSU 2021 ini akan di salurkan melalui Bank Himbara (BRI, Mandiri, BNI dan BTN) milik negara.

Kamu pernah menerima insentif dari kartu prakerja Tahun lalu apakah bisa dapat BSU 2021 saat ini?

Menurut akun Instagram kemnaker untuk penerima insentif kartu prakerja belum bisa menerima BSU 2021, namun jawaban ini terkesan mengambang karena menurut mereka dalam postingan tersebut dijelaskan untuk korban PHK dan pekerja informal dapat melakukan pendaftaran prakerja gelombang 18 yang akan dibuka lagi, untuk waktunya belum dapat dipastikan.

Jawaban ini menurut netizen mengambang karena insentif yang diterima telah berlalu ditahun lalu, untuk saat ini para pekerja yang sesuai kriteria dan telah menerima prakerja ditahun lalu masih belum jelas nasibnya, semoga saja tetap dapat ya Gengs..

Apakah kamu termasuk dalam kriteria penerima bantuan tersebut? Segera cek dengan Cara cek Calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) 1 juta untuk Karyawan.

Post a Comment for "Cara Cek Calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) Buat Karyawan"