Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fitur Baru Gmail yang bakal bikin email mu sulit dibajak

Update fitur Gmail terbaru, 5 Fitur Gmail

Google sebagai pemilik layanan email dengan nama Gmail terus berinovasi demi menunjang pengalaman penggunanya, mulai dari UI-nya sampai dengan segi keamanan mereka selalu berusaha memberikan yang terbaik.

Belakangan ini marak sekali aksi pembajakan email khususnya Gmail yang dibuat oleh para peretas, mereka membuat UI dan email yang sangat mirip dengan aslinya, sehingga banyak pengguna yang terperdaya karena kemiripannya, dengan banyaknya kasus ini mereka akhirnya membuat fitur baru untuk Gmail agar email tetap aman dan sulit untuk di retas.

Dalam beberapa minggu ke depan Google menjanjikan akan meluncurkan proyek uji coba Brand Indicator for Message Identification (BIMI), seperti dilansir dari Techradar, Rabu (14/7/2021)

Sekedar di ketahui BIMI adalah sebuah System yang dibuat untuk meningkatkan otentifikasi ke seluruh ekosistem email, yang tujuannya dapat menambah keamanan akun dengan mengauthentifikasi secara berlapis demi mencegah upaya peniruan identitas.

Mudahnya menurut google BIMI adalah upaya google untuk menciptakan authetifikasi dengan memverifikasi gambar atau logo perusahaan, sehingga satu perusahaan dengan yang lain pasti akan berbeda, meski dengan nama yang sama.

Ketua Kelompok Kerja AuthIndicators, Seth Blank memuji dukungan Google terhadap BIMI di Gmail. Menurutnya ini merupakan kemenangan untuk otentikasi email, kepercayaan merek, dan konsumen.

"BIMI memberi kesempatan pada organisasi (perusahaan) untuk memberikan pengalaman email yang lebih mendalam kepada pelanggan mereka, memperkuat otentikasi pengirim email di seluruh ekosistem email," ujarnya.
Untuk memanfaatkan BIMI, Organisasi dan perusahaan harus terlebih dahulu mengadopsi DMARC sebelum logo mereka divalidasi dengan Verified Mark Certificate (VMC).

Pengguna Gmail di sisi lain tidak perlu melakukan apa-apa dan mereka akan segera melihat logo perusahaan di samping email mereka setelah dukungan BIMI diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang.

Kita tunggu saja fitur Gmail seperti apa yang diberikan oleh google

Selain itu pada awal tahun kemarin google juga memberikan 5 update fitur untuk Gmail.

5 Update Fitur terbaru Gmail 

1. Fitur Mode Rahasia Gmail / Gmail Confidencial mode

Fitur ini bisa dibilang fitur paling yahut, apa lagi jika kamu ingin mengamankan email yang kamu kirim ke orang lain, diantara fungsi dari fitur ini adalah memberikan waktu untuk email yang dikirim, kamu bisa mengatur email yang akan dikirim dengan memberi waktu expired pada pesanmu, misal kamu ingin mengirim pesan yang berisi promo yang hanya berlaku 1 hari kamu bisa membuat email dengan waktu yang bisa di set 24 jam, email akan menjadi pesan expired di kotak masuk penerima jika melewati 24 jam.
Fitur ini juga menjamin keamanan email yang kamu kirim, karena ada fitur authetifikasi melalui nomer handphone pada pesan yang kamu kirim, yang nantinya google akan mengirim SMS ke nomer penerima jadi dimungkinkan hanya penerima yang nomernya tercantum saja yang dapat membaca email tersebut, hal ini membuat pesan kalian lebih aman untuk email yang telah di retas tidak bisa menerima email karena authetifikasi diberikan melalui SMS. Penerima email bahkan tidak bisa memporward, menyalin, mengunduh bahkan mencetak email yang kamu kirim.

2. Peringatan keamanan Gmail

Peringatan keamanan Gmail yang baru memungkinkan kamu untuk menerima pemberitahuan email berbahaya dari pengguna yang mencurigakan dan serangan cyber, dan ada perintah menghapus pesan.
Namun semua itu tetap merupakan pilihan mau menghapus atau tidak.

3. Artificial Intelegensi

Pada update terbaru fitur Gmail, google memilih menyertakan AI dalam layanan Gmail, hal ini menjadikan Gmail memiliki kemampuan High Priority Notification, Smart Replay dan Nudging

Fitur Nudging Gmail

Kamu pernah kelewatan email penting dan baru sadar beberapa hari karena kotak masuk emailmu begitu banyak yang masuk, nah dengan fitur Nudging google berharap dapat memberi tahumu untuk membaca email yang berlebel penting dan memintamu untuk segera bisa menjawabnya, email tersebut akan muncul kembali dan hadir difolder inbox mu, google akan memastikan Anda tidak melewatkan email tersebut.

Smart Replay

Google juga mengupdate fitur untuk versi dekstop, seperti yang ada pada aplikasi mobile Gmail disertai Smart Replay, yang bisa anda gunakan untuk membalas pesan dalam waktu singkat. Seperti i'm busy dan Got it

High Priority Notification

Fitur ini dimaksudkan untuk memberi tahu anda soal email penting yang sangat prioritas untuk anda High Priority Notification akan memberikan notifikasi paling atas untuk pesan dari pengguna yang sering anda baca pesannya.
Google membaca kebiasaan anda saat membuka email, mereka melihat frekuensi anda dalam membaca email dari pengguna besar yang sering anda buka dan sering anda baca maka akan di identifikasi sebagai email penting, sehingga anda tidak melewatkan pesan dari pengguna yang sering anda baca.

Begitu juga sebaliknya jika anda sering melewatkan suatu email dan tidak membukanya kamu akan diingatkan untuk unsubscribe akun tersebut, maka dengan begitu email dari pengguna tersebut tidak akan muncul di deretan paling atas dalam istilah lain pesan tidak di prioritaskan.

4. UI Gmail yang baru disertai Side Bar

Saat anda sudah mengupgrade versi terbaru dari aplikasi mobile Gmail atau baru saja membuka versi dekstop maka kamu akan di suguhkan dengan tampilan baru ini, saya yakin kamu suka dengan update fitur satu ini, ini juga menjadi update paling terlihat Dimata.


Ada fitur snooze yang mana anda sudah bisa melihat preview dari isi email yang kamu dapat disebelah kanan email yang masuk tanpa perlu membukanya dan pada versi sebelumnya anda baru akan menemui tools : archive, delete, Mark as read saat kamu sudah memilih dengan mencentang email yang kamu pilih, namun pada versi terbarunya kamu sudah bisa memilih hanya dengan mengarahkan crusor ke arah email yang kamu ingin archive, delete atau mark as read labih praktis bukan? Tidak salah bukan jika saya bilang ini fitur favorit saya?

Fitur Snooze memungkinkan Anda menyembunyikan email Anda sementara waktu dan memunculkannya kembali pada inbox Anda dengan waktu yang telah Anda atur.

Sekarang Anda juga dapat melihat dan membuka lampiran yang disematkan pada inbox Anda tanpa perlu membuka email tersebut.

Fitur SideBar (Panel Samping)

Side Bar menawarkan Anda kemudahan mengakses aplikasi G Suite lain yang sering Anda gunakan pada halaman inbox Gmail seperti Google Keep, Google Tasks, dan Google Calendar. Anda dapat dengan cepat membuat atau mengedit agenda tugas Anda setiap hari pada panel di sebelah kanan inbox Gmail Anda.

Anda pun juga dapat mengakses Gmail Add-Ons dan aplikasi bisnis pihak ketiga lainnya pada panel ini. Sehingga Anda tidak perlu beralih antar tab untuk membuka aplikasi G Suite lain untuk bekerja. Sidebar ini juga akan muncul pada aplikasi G Suite lain seperti Kalender, Dokumen, Slide, dan Sheets

5. Mode Offline

Seperti yang kita ketahui dahulu Gmail tidak bisa digunakan tanpa terhubung ke internet melalui jaringan mobile atau Wi-Fi, namun pada fitur terbarunya kamu masih bisa membalas, menulis,menghapus dan  mengarsifkan email selama 90 hari dengan mode offline atau tanpa terhubung ke internet.

Itu dia sekilas tentang fitur yang baru akan duncurkan dan yang telah duncurkan belum lama ini, semoga bermanfaat

Post a Comment for "Fitur Baru Gmail yang bakal bikin email mu sulit dibajak"