Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Hal Penting Yang Harus Kamu Tau Tentang Update Chrome OS

 

Update Chrome OS
Via : computerworld.com

Komputeron.com - Chrome OS adalah Operating System yang dibesut oleh google.com untuk laptop keluaran terbaru berjenis Chrome Book, tidak seperti sistem operasi lain, cara menangani update nya pun berbeda dengan OS lain

Dalam banyak hal, platform Chrome OS besutan Google benar-benar sangat terasa seperti Android versi desktop. Sangat mirip dengan Android, Fungsinya pun seperti Android, dan bahkan disana kamu bisa menjalankan aplikasi Android. Tetapi meskipun rasanya sama, Chrome OS dan Android masih memiliki perbedaan yang cukup signifikan terasa dalam beberapa hal.

Salah satunya adalah bagaimana cara update kedua sistem operasi tersebut. Pembaruan perangkat lunak di Chrome OS jauh lebih mudah, lebih sering, dan lebih konsisten daripada yang Kamu lihat di Android dan kamu sebagai pengguna memiliki visibilitas yang jauh lebih besar tentang apa yang sebenarnya terjadi dan apa yang akan terjadi.

Baik kamu yang sudah menggunakan Chrome OS atau hanya ingin mencobanya, berikut beberapa hal cukup penting yang perlu diketahui dan diingat.

1. Update versi Chrome OS terjadi secara otomatis dan tanpa pemberitahuan.

Hal pertama tentang update versi Chrome OS adalah perangkat kamu tidak mengeluarkan notifikasi apapun tentang update versi Chrome OS. Perangkat lunak Google memperbarui dirinya sendiri secara otomatis di latar belakang saat kamu menggunakan Chromebook, sistem tidak akan mengganggu kamu untuk mem-boot ulang atau membuat Kamu menunggu saat sistem memasang perangkat lunak baru saat memulai (kecuali saat pertama kali Kamu menyalakan dan masuk ke perangkat Chrome OS baru).

Kamu akan melihat ikon panah kecil di sudut kanan bawah layar, dekat jam, setiap kali pembaruan baru telah diunduh dan siap digunakan. Jika Anda membukanya, sistem akan menawarkan Anda kesempatan untuk segera menerapkan pembaruan. Jika tidak, ia akan mengupdate dengan sendirinya tanpa memberi tahu kamu saat kamu merestart perangkatmu.

Kamu dapat meminta Chromebook secara manual untuk memeriksa pembaruan dengan masuk ke layar Bantuannya (chrome://help) — tetapi jika kamu tidak sabar dan ingin sesuatu yang baru, kamu tidak perlu melakukannya. Pembaruan akan selalu muncul dengan sendirinya dalam waktu yang relatif singkat.

2. Update versi Chrome OS ada setiap dua hingga tiga minggu, kadang bahkan lebih sering, terlepas dari perangkat apa yang Kamu miliki.

Update perangkat lunak di Chrome OS dikirimkan beberapa kali dalam sebulan — dan karena dikirim ke semua perangkat langsung dari Google, pembaruan biasanya muncul untuk semua orang pada waktu yang kurang lebih sama. Produsen perangkat tidak dapat memodifikasi sistem operasi ini  seperti yang mereka lakukan dengan Android, jadi tidak ada perbedaan dalam perangkat lunak dari satu perangkat ke perangkat lainnya dan dengan demikian produsen tidak perlu terlibat dalam proses peluncuran OS ini.

Secara resmi, versi stabil reguler Chrome OS diperbarui setiap dua hingga tiga minggu dengan perbaikan kecil dan setiap enam minggu dengan revisi yang lebih signifikan. Namun, terkadang, pemutakhiran datang lebih sering dari itu.

3. Kamu dapat meningkatkan jadwal update Chrome OS jika diinginkan.

Sama seperti browser Chrome milik Google, Chrome OS memiliki tiga versi Channel berbeda yang dapat Anda pilih :

Versi Channel Stabil, yang menyediakan perangkat lunak yang teruji dan dipoles sepenuhnya dan merupakan pilihan terbaik bagi sebagian besar pengguna.

Versi Channel Beta, yang diperbarui setiap minggu atau lebih dan mendapat fitur baru lebih dari sebulan sebelum di rilis pa a versi Stabil mereka.

Versi Channel Dev, yang paling sering diperbarui beberapa kali seminggu dan mencakup hal-hal mutakhir yang masih aktif dikembangkan (dan sering kali tidak sesuai atau kadang-kadang bahkan tidak berfungsi sama sekali).

Jika Anda ingin mencoba saluran lain, ketik chrome://help ke address bar tab browser di Chromebook Anda. Klik "Detailed build information", lalu klik "Change Channel". Pilih channel yang Anda inginkan dan ikuti langkah-langkah yang disediakan sistem untuk menyelesaikan prosesnya.

Perlu diketahui pada dasarnya apa pun selain channel "Stabil" dapat membuat sistem Anda kurang stabil untuk digunakan, karena bergantung pada perangkat lunak yang masih diuji dan dikembangkan terus menerus dan belum bisa dibilang final. Saluran Dev khususnya masih sering menemukan bug didalamnya, oleh karena itu untuk Channel Dev ini disarankan untuk digunakan oleh pengguna tingkat lanjut yang memang ingin melihat development System ini dan tidak keberatan dengan kesalahan dan bug yang ada.

4. Kamu selalu dapat mengetahui apa yang baru dalam update Chrome OS

Meskipun Chrome OS biasanya tidak memberikan notifikasi tentang update yang akan datang, Google membuat info terperinci tentang apa yang baru tersedia untuk Chrome OS hal ini diperuntukkan bagi yang penasaran tentang update mereka. Cara termudah untuk mencari tau rilis update terbaru adalah dengan mengikuti blog "Chrome realease official". Cari pos yang membahas saluran Chrome OS yang Anda gunakan ("Update Saluran Stabil untuk Chrome OS," misalnya), buka dan baca untuk mengetahui apa yang berubah dengan pembaruan yang diberikan.

5. Perangkat Chrome OS tidak di update selamanya, tetapi mereka mendapatkannya untuk waktu yang cukup lama.

Google mengatakan semua perangkat Chrome OS sekarang menerima peningkatan reguler selama minimal enam setengah tahun sejak chipset mereka pertama kali dipasang di perangkat - hal itu berarti perangkat apa pun akan diperbarui setidaknya selama lima tahun dari tanggal awal instalasi.

(Catatan: Versi sebelumnya dari pernyataan ini menyatakan bahwa jaminan upgrade adalah enam setengah tahun sejak tanggal peluncuran perangkat, tetapi Google telah mengklarifikasi bahwa istilah tersebut sebenarnya sekarang terkait dengan peluncuran chipset, bukan perangkat itu sendiri.)

6. Anda dapat memeriksa untuk melihat berapa lama perangkat Chrome OS akan menerima pembaruan saat itu juga, atau bahkan sebelum Anda membelinya.

Google mengelola basis data akhir masa pakai Chrome OS yang mencantumkan dengan tepat kapan setiap Chromebook (dan Chromebox) akan berhenti menerima pembaruan OS. Mereka mengatakan OS cenderung diperbarui cukup cepat saat perangkat baru diluncurkan, jadi kapan pun Anda berpikir untuk membeli produk Chrome OS, buka halaman itu terlebih dahulu sehingga Anda akan mendapat informasi lengkap tentang berapa lama perangkat anda akan tetap diperbaharui.

Satu catatan kaki penting yang perlu diingat: Tanggal akhir masa pakai perangkat terkadang dimundurkan lebih lambat dari tanggal yang awalnya tercantum — sehingga memberi Anda periode pembaruan yang lebih lama dari yang diharapkan — tetapi Google berjanji tidak akan pernah melakukan yang lain cara, dan Anda tidak akan pernah menerima jangka waktu dukungan yang lebih singkat dari yang dijanjikan halaman tersebut.

Demikian 6 hal penting yang mungkin sekarang sudah kamu ketahui tentang OS besutan Google ini, sekian ulasan dari komputeron.com semoga bermanfaat.

Post a Comment for "6 Hal Penting Yang Harus Kamu Tau Tentang Update Chrome OS"