Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wordpress 5.8 dan fitur terbarunya, kapan release?

wordpres, wordpress 5.8, CMS

Wordpress sebagai salah satu platform CMS pembuat website yang cukup simple dan banyak fitur pendukung yang mudah di gunakan, semua fitur dibungkus dengan sebutan "plugin", ini yang kemudian membuat wordpress menjadi lebih populer dibanding CMS yang lain. 

Dan wordpress di gadang-gadang akan mengeluarkan versi terbarunya, dengan beberapa perubahan menarik yang harus kamu ketahui. 

Extensi atau format gambar yang berubah

Dalam wordpress 5.8 ini format gambar pada platform mereka berubah menjadi "WebP", yang menurut pihak wordpress format gambar ini lebih ringan karena 30 Persen lebih kecil (file sizenya) dibanding format konvensional seperti "PNG" dan "JPG", maka dengan digantinya format gambar tersebut menjadikan website yang dibangun di wordpress menjadi lebih ringan ketika di akses, dan tentu website dengan gambar yang berformat "WebP" Lebih hemat bandwidth, ini jelas menjadi keuntungan untuk website sendiri. 

Bagaimana dari segi konsumen? 

Penikmat website berbasis wordpress ini bisa mengunggah gambar dengan extensi ini layaknya mengunggah gambar dengan extensi lainnya. 

Namun mereka juga harus memastikan bahwa layanan hosting yang digunakan sudah menyiapkan image processing library yang mendukung foto dengan berbagai extensi WebP seperti LibGD dan Imagick

Dan mereka harus memastikan file foto yang di upload sudah berextensi WebP. 

Menurut pihak wordpress sudah banyak layanan online yang dapat mengonversi gambar dari berbagai gambar ke format WebP, dan untuk aplikasi pengedit video juga sudah banyak yang menyediakan format gambar dengan extensi WebP. 

Apa tidak ada masalah jika diakses dari browser populer? 

Blog dan website yang menggunakan file gambar dengan format ini bisa diakses pada browser populer seperti Chrome, Firefox, Opera, edge bahkan Safari untuk Safari lebih pada versi MacOS 11 Big Sur keatas, pendapat ini di kemukakan oleh website CanIUse.com.

Yang artinya kamu bisa mengakses web dengan extensi gambar WebP dengan aman, hal ini pasti sudah dipertimbangkan matang-matang oleh Wordpress. 

Pihak wordpress juga sedang menyiapkan alat dan opsi untuk melakukan konversi pada gambar yang di unggah pada content management system (CMS) tersebut, yang artinya gambar yang sudah ada akan berubah secara otomatis ke format WebP. 

Selain itu kedepannya wordpress juga sudah memastikan untuk gambar yang diunduh dari platform mereka akan berextensi WebP secara otomatis, jadi sebagai pengguna kamu tidak perlu mengubahnya lagi jika ingin unduh dan upload dari dan ke wordpress. 

Namun untuk waktu realesnya wordpress 5.8 ini pihak wordpress masih belum banyak bicara, ada bocoran akan di launching pada akhir Juli menurut beberapa website berita dan technology. 

Kita tunggu saja.