Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara agar Video muncul dipencarian YouTube

Sourch: digitalaptech.com

Kenapa Video di YouTube tidak muncul dipencarian?

YouTube pada dasarnya memiliki ribuan penilaian sebuah video yang biasa disebut dengan algoritma, hal ini lah yang membuat video YouTube yang muncul selalu sesuai dengan apa yang kita ketikan di pencarian rumus algoritma pada dasarnya adalah X dan Y atau jika dan maka. Di Microsoft Excel biasa kita kenal dengan rumus "if".

Contoh sederhananya adalah jika kamu mengetik "cara meriset HP Xiaomy" maka robot YouTube akan mencarikan video yang sesuai dengan apa yang kamu ketikan hal ini juga berlaku untuk pencarian di google.

Untuk itu kali ini saya akan membahas soal 3 algoritma YouTube yang paling berpengaruh, dan cara menampilkan video rekomendasi youtube.

1. CTR(Rasio Klik Tayang)

CTR menunjukan seberapa menarik judul dan tumbnail yang kamu buat, lewat CTR ini kamu bisa menilai seberapa besar ketertarikan orang atas video yang kamu upload hanya dengan melihat judul dan tumbnailnya, ini lah yang menjadi alasan kenapa judul dan tumbnail sangat penting dalam SEO youtube, kamu jangan coba mengakali YouTube dengan Cara menambah viewer YouTube dengan aplikasi yang beredar itu bisa berbahaya untuk channelmu.

2. Retensi Tonton

Retensi tonton adalah seberapa lama orang bertahan dalam 1 video kamu yang sedang di tonton mereka dalam, blog biasa dikenal dengan istilah bounce, hal ini sangat pengaruh dalam penilaian YouTube soal video kamu, semakin lama pemirsa mu berdiam di videomu semakin menarik minat YouTube untuk menampilkan video mu dalam rekomendasi pencarian mereka.

3. Session time (sesi menonton)

Hal ketiga ini lebih kepada perilaku penonton, YouTube pada dasarnya menginginkan penggunanya untuk berlama-lama di YouTube, lompatan demi lompatan pemirsa dalam chanelmu menjadi tolak ukur yang sangat di perhitungkan oleh YouTube.

Nah 3 hal ini lah yang kemudian menjadi faktor utama Whact Time (waktu tonton) bertambah, jelas jika waktu tonton terus bertambah pundi-pundi dolarpun akan terus naik.

"Lalu bagaimana cara mengoptimalkan 3 hal diatas?"

Setelah kamu memahami apa yang di mau YouTube selanjutnya kamu bisa optimalkan videomu untuk memenuhi kemauan YouTube, tapi ingat jangan hanya memenuhi kemauan robot, yang paling penting memenuhi kebutuhan pemirsamu, karena yang menonton videomu itu manusia bukan robot. Langsung saja 

Cara yang pertama

"Tentukan topik"

Menentukan topik memang susah-susah gampang, bukan hanya dalam YouTube dalam blog pun akan sangat sulit menemukan topik yang akan ditulis, untuk mempermudah mari kita pahami dulu

"untuk apa video kita dibuat?"

"Masalah apa yang akan diselesaikan?"

"Apakah mengundang minat orang?"

Tiga pertanyaan itu dapat menyimpulkan topik apa yang akan kamu buat, dan cara yang paling mudah mencari minat pemirsa YouTube adalah dengan meriset kata kunci di YouTube itu sendiri.

Sebagai contoh anggap saja kamu ingin membuat video soal tutorial memasak, coba ketikan di pencarian "cara memasak' maka dengan otomatis YouTube akan memberikan saran pencarian yang sedang banyak dicari orang tentang cara memasak, buatlah video yang sesuai dengan apa yang ada pada saran pencarian dari YouTube, dan kemudian kata kunci yang kita cari dapat digunakan untuk judul dan pastikan membuat tumbnail yang semenarik mungkin agar CTR kamu terus naik.

Cara yang kedua

Perhatikan performa video, untuk menyelesaikan kemauan YouTube yang kedua soal Retensi tonton kita harus pahami beberapa hal 

1. Perhatikan pembukaan video 

Pastikan pembukaan video yang akan kita buat memuat informasi keseluruhan video tersebut secara garis besar saja, dan usahakan isinya sesuai dengan judul dan tumbnail agar orang tau dari video kalian mereka akan dapat menemukan jawaban dari masalah mereka, jika videomu tentang hiburan silahkan hiburlah penontonmu dari menit awal, ingat 15 menit pertama menentukan mereka akan tetap bertahan atau meninggalkan videomu.

2. Perhatikan pertengahan video

Kebanyakan youtuber pemula lebih banyak mengoptimasi video pada awal saja, padahal jika kita belajar dari sebuah film dapat kita simpulkan bahwa grafik ketegangan sebuah film akan terus naik dari awal hingga 85% - 90% tayangan film tesebut, hal ini biasa disebut dengan klimaks, jika sudah mencapai klimaks film lantas akan diselesaikan dengan perelaian atau penutup, begitu juga dengan YouTube usahakan videomu grafik ketegangan dan keinginan tauan penonton semakin tinggi sampai setidaknya 60% videomu dan sisanya kamu bisa meredam itu dengan jawaban atas keingin tauan mereka.

3. Perhatikan akhir video

Hal ini tidak kalah pentingnya karena dengan akhir video dapat menentukan penontonmu akan terus mencari info di Channelmu atau lari ke channel yang lain, pastikan video tidak anti klimaks, selesaikan video dengan jawaban yang membuat penonton puas, sertakan juga end screen dengan menyertakan videomu yang lain, usahakan yang berhubungan dengan yang mereka tonton, agar mereka menonton video yang kamu rekomendasikan, dengan begitu mereka akan tetap di cannelmu.

Untuk cara yang kedua ini usahakan jangan bertele-tele di awal dan akhir video buat sesingkat dan sepadat mungkin agar penonton tidak bosan.

Cara yang ketiga

Ini berhubungan dengan menggoda minat robot YouTube dan menggoda minat penonton YouTube baca berulang-ulang bagian ini agar dapat di mengerti :

1. Buat judul yang menarik

Judul yang menarik harus dicari dan di optimasi agar YouTube bisa "tergoda" point ini lebih kepada "menggoda" robot YouTube, silahkan riset kata kunci, cara untuk meriset kata kunci untuk judul bisa di pelajari di sini

2. Meta data (Tag)

Ini juga cara "menggoda" robot YouTube, agar dia tertarik dengan video yang kita upload, saat upload video usahakan dioptimasi dengan kata kunci yang sudah di riset tadi, silahkan masukan dalam kolom tag agar YouTube bisa tau keberadaan videomu dan cocok untuk di rekomendasikan pada siapa.

3. Tumbnail yang menarik

Tumbnail bisa dibilang menjadi nyawa dari CTR, orang biasa mengklik video di YouTube karena tergoda dengan tumbnail, maka hal ini lebih menitik beratkan pada "menggoda penonton", sepertinya tidak usah saya bahas terlalu dalam soal menggoda ini karena kalian sudah tau apa yang harus dilakukan, saya hanya akan merekomendasikan aplikasi untuk membuat tumbnail youtube di android silahkan klik disini

Dengan mempraktekkan dan mengoptimasi videomu lewat cara diatas maka dapat dipastikan videomu akan menjadi salah satu video yang di rekomendasikan youtube pada penonton yang mencari topik yang sesuai dengan judul videomu di pencarian YouTube.

Sekian semoga manfaat, salam KomputerOn.com